Sebelum mengetahui apa penyebab bergetarnya mobil saat melepas pedal
kopling ada baiknya kita tahu prinsip kerja kopling pada mobil dengan
transmisi manual.
Seperti
terlihat pada gambar diatas, berikut akan di jelaskan prinsip kerja
kopling pada mobil baik cara kerja kopling mekanik atau cara kerja
kopling hidrolis pada prinsipnya sama.
Saat pedal kopling diinjak, release fork kopling dan
release bearing menekan diafragma spring atau pegas matahari untuk
membebaskan clutch disc/plat kopling dari himpitan antara plat cover
clutch dengan permukaan flywheel, flywheel atau roda gila berputar
bersama mesin dan cover clutch.
Saat pedal kopling dilepas secara perlahan, plat
kopling akan bergesekan dengan roda gila dan pressure plate pada cover
clutch hingga plat kopling terhimpit secara penuh dan berputar bersama
dengan roda gila dan cover clutch.
Ketika melepas pedal kopling dan saat plat kopling mulai bergesekan dengan roda gila dan plat penekan pada cover clutch, jika terdapat permukaan tidak rata, baik pada roda gila atau pun plat kopling, akan menyebabkan getaran dan itulah yang disebut kopling getar.
Penyebab
permukaan tidak rata pada permukaan, baik permukaan roda gila atau plat
kopling atau pun cover clutch biasanya karena keausan. Pengecekan
terhadap komponen kopling silakan lihat cara mengecek komponen kopling.Gambar
dibawah adalah kampas kopling yang terlihat pada beberapa bagian
terdapat tanda gesekan yang tidak merata dengan bagian lainnya yang
menjadi penyebab kopling getar.Plat
kopling dan cover clutch diatas masih terlihat baru dan memang belum
lama diganti, tetapi koplingnya getar, dan getar tidaklah disebabkan
oleh keausan atau tidak ratanya permukaan baik plat kopling, roda gila
atau pun plat penekan pada cover clutch, tetapi disebabkan oleh
kekencangan baut pemegang cover clucth ke roda gila yang tidak merata
atau momen pengencangan baut tidak sama.Berapa momen pengencangan baut pemegang dekrup atau cover clutch.
Baut pengencang cover clutch dari beberapa manual book mobil, terdapat
beragam tingkat pengencangan baut cover clutch. Ada yang menggunakan
baut class 5T, menggunakan baut class 6T atau class 7T, biasanya baut
cover clutch memiliki ukuran diameter ulir luar adalah 8 mm atau baut
dengan kepala baut 12 mm, momen pengencangan baut cover clutch ada yang
19 N.m, seperti terlihat pada gambar pertama diatas, atau ada juga yang
menggunakan momen pengencangan sampai 25 N.m seperti contoh pada suzuki
APV atau seperti terlihat pada gambar dibawah yang memiliki moment
pengencangan baut hingga 34 – 44 N.m.
Setelah dipasang kembali kopling set diatas dengan baut pengencangan
yang sesuai momen pada ke enam baut cover clutch hasilnya adalah tidak
ada lagi dirasakan kopling getar sewaktu melepas pedal kopling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar