Kita tahu fungsi kopling adalah untuk memutuskan dan menghubungkan
putaran mesin dengan input shaft pada transmisi untuk diteruskan putaran
tersebut ke roda-roda sehingga mobil bisa berjalan. Dalam tulisan ini
saya tidak perlu lagi menjelaskan kegunaan bagian-bagian sistem kopling,
silakan kunjungi komponen kopling mobil beserta fungsinya.Berikut ini adalah cara atau langkah pemeriksaan komponen kopling setelah unit kopling diturunkan atau dibongkar.
1. PERIKSA CLUTCH DISC atau KAMPAS KOPLING
Untuk mengukur tebal plat kopling, gunakan jangka sorong, ukur kedalaman kepala kelingan dengan permukaan plat kopling.
Spesifikasi kedalaman minimum rivet atau keling plat kopling adalah
0.3 mm (0.012 in.)
Dengan melihat kondisi plat kopling, jika diperlukan, ganti clutch disc.
Pasang clutch disc pada transaxle atau pasang kampas kopling pada input shaft transmisi
Masukkan plat koping pada arah yang benar, bagian permukaan yang banyak menonjol keluar pada plat kopling menghadap transmisi.
Gunakan dial gauge, periksa runout clutch disc.
Runout maksimum:
0.8 mm (0.031 in.)
Jika diperlukan dengan melihat kondisi fisik, ganti clutch disc.
2. PERIKSA CLUTCH COVER ASSEMBLY
Gunakan jangka sorong, ukur lebar dan kedalaman keausan pegas diaphragma akibat bergesekan dengan release bearing.
Spesifikasi Maksimum:
A (Kedalaman): 0.5 mm (0.020 in.)
B (Lebar): 6.0 mm (0.236 in.)
Jika diperlukan dengan melihat kondisi dan keausan pressure plate, ganti clutch cover.
3. PERIKSA FLYWHEEL SUB-ASSEMBLY /Roda Penerus atau Roda Gila
Pergunakan dial gauge atau dial indikator, periksa runout flywheel sub-assembly.
Runout maksimum:
0.1 mm (0.004 in.)
Jika diperlukan dengan melihat kondisi fisik, ganti flywheel sub-assembly.
4. PERIKSA RELEASE BEARING KOPLING ASSEMBLY
Pemeriksaan
pada Release Bearing, periksa apakah release bearing kopling bisa
bergerak dengan lembut tanpa terasa terhambat atau bunyi yang tidak
normal dengan memutar bagian depan yang bergeser dari release bearing
kopling (permukaan kontak dengan clutch cover) dengan diberikan gaya
dalam arah aksial.Periksa release bearing kopling assembly dari cacat dan aus, jika diperlukan, ganti release bearing atau regreasing.
Release bearing berpegang pada garpu pembebas kopling atau fork
kopling, periksa juga keausan pada titik tumpuan fork kopling, jangan
sampai karena terlewat akhirnya terjadi kerusakan pada fork kopling
seperti pada artikel yang sudah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar